Friday, February 25, 2011

Membuat kalender dengan CorelDRAW

Apakah Anda tahu bahwa CorelDRAW memungkinkan Anda dengan cepat membuat kalender? Dengan Oberon Calendar Wizard, Anda dapat memilih dari 20 gaya tata letak yang berbeda dan secara otomatis menghasilkan kalender multi-halaman atau satu halaman, tahun-di kalender-a-sekilas.
Untuk personalisasi kalender Anda, Anda dapat menambahkan tanggal penting dan hari libur, tentukan dimensi kalender, dan menyesuaikan elemen kalender. Beberapa bahkan menyertakan gaya tata letak tempat untuk gambar. Selain itu, Anda dapat membuat kalender dalam bahasa yang berbeda dan untuk setiap tahun antara 1583 dan 4000!
Dengan bantuan dari Oberon Calendar Wizard, kalender ini dihasilkan dengan beberapa klik. Citra, salah satu foto stok disertakan pada CD 3 dari CorelDRAW Graphics Suite X3, ditambahkan setelah kalender itu dihasilkan.


Sampel lain kalender

Untuk membuat kalender

  1. Klik Tools> Putar> Visual Basic. The CorelDRAW X3 Visual Basic untuk Aplikasi kotak dialog Macros ditampilkan.
  1. Dari Macros dalam kotak daftar, pilih CalendarWizard (CalendarWizard.gms), dan klik Run. Wizard akan ditampilkan.
  1. Di daerah tanggal Kalender di bagian atas Wizard, pilih satu tahun dari kotak daftar Tahun, dan melakukan salah satu dari berikut:

    • Untuk memasukkan semua bulan tahun dalam kalender Anda, klik Semua.

    • Untuk membuat kalender untuk satu atau beberapa bulan, aktifkan kotak centang untuk bulan yang sama.
  1. Di bidang bahasa Kalender, pilih bahasa dari kotak Bahasa. Jika Anda ingin menambahkan tanggal dan acara khusus, Hari Libur klik. Dalam Tentukan Liburan untuk kotak dialog {Bahasa}, tentukan bulan, tanggal, dan nama acara khusus atau liburan di kawasan Info Holiday, dan klik Tambah / Ubah.


Satu acara khusus ditambahkan untuk bulan Januari.
  1. Dari kotak Layout, memilih gaya layout.


Anda dapat memilih dari 20 gaya tata letak yang berbeda.
  1. Klik Expand untuk melihat pratinjau kalender Anda dalam jendela preview yang lebih besar.


Jendela pratinjau diperluas
  1. Secara default, Oberon Calendar Wizard menghasilkan kalender dalam proyek aktif, berdasarkan ukuran halaman proyek dan orientasi. Jika Anda ingin menyesuaikan ukuran halaman dari dalam Wizard, menonaktifkan Buat Kalender dalam kotak cek Lancar Dokumen pada halaman Page Layout, dan menentukan dimensi kalender, orientasi, dan margin.

    Untuk menyesuaikan ukuran teks ke dimensi halaman baru, klik Adjust font.


Halaman Page Layout
  1. Klik Generate.
Setelah Anda membuat kalender, Anda dapat rempah-rempah itu di CorelDRAW dengan menambahkan gambar, perbatasan, dan efek.


Setelah kalender ini dihasilkan, tiga elemen yang ditambahkan: tahun, perbatasan berwarna, dan foto saham dengan efek impresionis diterapkan.

Untuk menyesuaikan elemen kalender

Anda dapat menyesuaikan nama bulan dan hari dalam seminggu, menghapus batas, atau mengubah warna latar belakang. Anda juga dapat menyembunyikan atau menampilkan fase bulan dan mengontrol tampilan teks liburan.
  • Klik salah satu tab di sebelah kanan tab Page Layout, dan pilih pengaturan pada halaman kustomisasi yang muncul.
Halaman-halaman kustomisasi yang konteks-sensitif - mereka berubah tergantung pada gaya tata letak yang Anda pilih. Gaya layout terkait dengan dua atau semua halaman kustomisasi berikut - Besar: Header, Besar: Tubuh, Kecil: Header, dan Kecil: Body. Halaman-halaman header memungkinkan Anda menyesuaikan nama bulan dan hari kerja; halaman tubuh memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan tanggal atau teks liburan.
Mari kita lihat pilihan penyesuaian yang tersedia untuk Bulan: gaya tata letak besar, yang berhubungan dengan dua halaman - Besar: Header dan Besar: Tubuh. Sebuah citra Besar: Halaman Header muncul di bawah. Di daerah Judul, Anda dapat mengubah tampilan nama bulan dan mengubah warna latar belakang. Anda juga dapat menghapus batas sekitar nama bulan dan mengubah tinggi dari kotak di mana nama bulan muncul. Daerah Header mengontrol tampilan dan posisi dari hari-hari dalam seminggu, dan Ikhtisar Header daerah mengontrol tampilan header Minggu.
Contoh di bawah ini menunjukkan sebuah kalender yang menggunakan Bulan: gaya layout Besar. Menggunakan kontrol pada Large: Header halaman, kami mengubah warna bulan dan hari akhir pekan untuk biru, dan kami ditampilkan tahun. Namun, kalender kami memiliki masalah kecil: teks liburan, "ulang tahun Nicole," tidak cocok dalam kotak bulan Januari 10.
Untuk mengatasi masalah, mari kita beralih ke Besar: Tubuh halaman, yang mencakup kontrol untuk elemen kalender seperti tanggal dan teks liburan. Selain mengurangi ukuran font teks liburan, mari kita mengubah warna tanggal untuk pertandingan bulan, dan kemudian menyembunyikan fase bulan untuk memberikan kalender melihat bersih.


Perubahan yang dilakukan pada Besar: Halaman Tubuh dilingkari merah.
Berikut ini adalah contoh lain dari kalender disesuaikan dengan Oberon Calendar Wizard. Kami menambahkan hari libur khusus, ditampilkan tahun, menyembunyikan fase bulan, dan menambahkan kotak sekitar tanggal. Perbatasan clipart dan merah yang ditambahkan setelah kalender itu dihasilkan.

Untuk menyimpan gaya kalender

The Oberon Kalender Wizard memungkinkan Anda menyimpan pengaturan format kustom sebagai gaya kalender untuk digunakan nanti.
  1. Dalam Oberon Calendar Wizard, klik tab Page Layout, dan klik tanda plus di sebelah kanan kotak Gaya Format.
  1. Pada kotak dialog Save Kalender Style, ketik nama untuk gaya kalender Anda, dan klik OK.


Simpan Kalender Style kotak dialog
Anda dapat mengakses gaya tersimpan kalender dari list box Gaya Format.
Referensi : www.corel.com
- ( Baca Juga : Mengenal Tool Dasar CorelDRAW  )
 

No comments:

Post a Comment