Sunday, February 12, 2012

Dua varian sepeda motor Honda berbasis PGM-FI

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda
Permintaan dua varian sepeda motor Honda berbasis teknologi program fuel injection (PGM-FI) yakni Honda Supra X-125 dan Honda Spacy di Jawa Barat cukup tinggi yang terindikasi dari penjualan selama awal tahun ini sebanyak 4.000 unit.

Armand G. Ismanto, GM Sales & Marketing PT Daya Adira Mustika (PT DAM)-diler utama Honda di Jawa Barat, mengatakan, dua varian yang menggunakan teknologi injeksi itu sejak diluncurkan tahun lalu mendapat respon besar dari konsumen. ( Baca Juga : Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda )

“Dua varian ini penjualannya luar biasa, antusiasme pasar tinggi. Awal Februari ini saja sudah menjual 1.500 sampai 2.000 unit Supra X-125. Sedangkan, penjualan kedua varian berteknologi injeksi ini mencapai 4.000 unit selama tahun ini,” katanya kepada Bisnis hari ini.

Armand menilai tingginya minat masyarakat itu memang didorong oleh teknologi baru yang ditanamkan agar lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kedua varian tersebut memakai teknologi PGM-FI yang merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.

Teknologi itu, dibuat agar mampu menyumbangkan emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter mampu menekan emisi gas buang. “Jadi kesadaran konsumen pada teknologi ramah lingkungan sudah sangat baik sekali,” lanjutnya.

Selain itu, lanjutnya, harga motor yang menggunakan teknologi injeksi dengan varian yang memakai karburator tidak terpaut jauh. “Dulu rentang harganya bisa mencapai Rp1 juta, sekarang perbedaannya hanya Rp250.000,” katanya.

Dia menuturkan pihaknya juga telah menyiapkan volume pasokan sebanyak 2.000-3.000 unit motor sesuai dengan permintaan.

Meski penjualannya tinggi, pihak PT.DAM belum bisa memastikan berapa target penjualan dua varian tersebut sampai akhir tahun. Menurut Armand, pihaknya masih memonitor kemampuan pasokan dari PT AHM untuk Jawa Barat.

Hingga awal Februari 2012, varian matik masih memimpin penjualan Honda di Jabar a.l Honda Beat sebanyak 20.000 unit dan Vario Techno terjual 15.000 unit .

Pasar skuter matik memang jadi primadona baru mengalahkan varian bebek. Data PT DAM menyebutkan, penjualan skutik di Indonesia mencapai 4.150.614 unit pada tahun lalu atau tumbuh 22,9% dibandingkan dengan penjualan 2010 sebanyak 3.376.541 unit.

Beat menyumbangkan kontribusi terbesar pada penjualan matik. Selama 2011, penjualannya mencapai 1.033.928 unit. Dari angka itu berarti Beat meraih 43,4% total penjualan Honda selama 2011

Rating: 5
Nirwana Sitoeking | Sumber: www.bisnis.com

No comments:

Post a Comment