Saturday, April 14, 2012

Membuat Stempel Di coreldraw

stempel warna
Dalam artikel kali ini, kita akan bahas mengenai pembuatan stempel dengan aplikasi desain Coreldraw yang sudah tidak asing lagi bagi para desainer grafis, cara sederhana dan cukup mudah dalam pengerjaannya.
Tahapan Membuat Stempel Dalam coreldraw :
  1. Jalankan aplikasi coreldraw yang sudah ter install di kompi / laptop anda lalu buka halaman baru pada coreldraw dengan mengklik New blank document, seperti gambar di bawah ini :
    Membuat Stempel Di coreldraw
  2. Buatlah sebuah lingkaran pada media dengan mengklik menu Ellipse Tool yang terletak disebelah kiri halaman atau tekan F7 pada keyboard anda,
    Membuat Stempel Di coreldraw
    selanjutnya Klik Tahan+geser(Drag) sambil menekan Ctrl pada keyboard anda, agar lingkaran yang dibuat jadi lebih sempurna.
    membuat lingkaran
  3. Kemudian klik mouse pada Pick tool, object lingkaran masih keadaan terpilih (aktif) tekan 2 kali tombol + (plus) di numpad (keyboard) untuk menggandakan, dengan tekan Ctrl, drag ke dalam sedikit, kemudian lingkaran hasil penggandaan yang kedua drag juga kedalam dengan ukuran yang lebih kecil (jangan lupa dengan tekan Ctrl)
    Membuat Stempel Di coreldraw
    Selanjutnya buat kotak dengan Rectangle tool (difungsikan sebagai object pemotong) dan tempatkan pada posisi seperti gambar dibawah ini (untuk memposisikan center cara yang paling cepat, Klik object kotak dan Shift klik object lingkaran dan tekan E dan C di Keyboard, perlu di ingat..! jangan terbalik, yang harus di klik object kotak dulu lo..!, dimanapun tempatnya object kotak akan mengarah pada object lingkaran dengan posisi center.... )

    Stempel coreldraw

     kemudian Pilih object lingkaran dan object kotak dan klik Back minus front pada Property bar, maka object lingkaran akan terpotong dan object kotak akan hilang dengan sendirinya. .
    Stempel coreldraw
  4. Selanjutnya buat object lingkaran lagi dengan men-copy object lingkaran yang sudah ada, keadaan object lingkaran masih dalam keadaan terpilih klik Text tool pada Toolbox, kemudian pada Menu bar pilih Text --> Fit Text To Path
    Membuat Stempel Di coreldraw
  5. buatlah teks apa saja yang Anda inginkan
    Membuat Stempel Di coreldraw
  6. Untuk membuat text yang melengkung dibawah, Text tool masih keadaan terpilih arahkan cursor ke object lingkaran bagian bawah kemudian ketikkan apa yang Anda inginkan
    Membuat Stempel Di coreldraw
  7. Kemudian klik Mirror text horizontally dan Mirror text vertically
    Contoh stempel
    Atur parameter pada Distance from path,
    parameter pada Distance from path
    dan Pada Offset
    Offset

  8. Kemudian klik Shape tool untuk mengatur spasi pada text
    Shape tool
  9. selanjutnya masukan teks ke dalam lingkaran dengan posisi Center 100 %ASLI stempel
  10. untuk pembatas buat object bintang dengan menggunakan Polygon tool, tekan + pada Numpad  untuk men-copy object bintang, dengan tekan Ctrl, drag object bintang ke samping.
    object bintang
  11. Proses awal selesai, dan untuk pengaturan warna, buat object kotak yang (yang berfungsi sebagai lensa) tempatkan persis diatas desain stempel yang sudah jadi, kemudian pada Menu bar klik Effect --> Lens, dan atur seperti langkah gambar dibawah ini
    lili solifah
  12. selesai. dan hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini :
    stempel lili solifah
  13. Untuk Vector Stempelnya silahkan download di bawah ini :
Vector Stempel  CDR
Catatan : Jika ada link Download yang rusak mohon beri tahu kami.
Special Thanks To "Belajar coreldraw"

No comments:

Post a Comment