Friday, March 16, 2012

Fungsi Graph Paper Tool di coreldraw

Graph Paper Tool adalah mengelompokkan beberapa obyek dengan maksud tertentu, misalnya agar mempermudah penseleksian. Tentang masalah grouping, Kita akan dibahas Di artikel selanjutnya. Namun secara singkat dapat dijelaskan bahwa:
  1. Untuk membuat sebuah group, pilih obyek- obyek yang akan di- group dengan men- drag pick tool atau meng- click pick tool pada obyek- obyek sambil menahan [shift]. Setelah semua obyek yang bersangkutan sudah terpilih, tekan ([ctrl]+ [G]) untuk meng- group. 
  2. Untuk melepaskan sebuah group menjadi obyek- obyek penyusunnya, pilih group yang dimaksud dengan pick tool, tekan ([ctrl]+ U) untuk meng- ungroup. Tekan [esc] untuk menetralisir selection bila perlu.
    Graph Paper Tool
Graph Paper Tool  sebenarnya merupakan beberapa rectangle yang disusun menjadi satu rectangle yang lebih besar. Bentukbentuk penyusun graph paper tool tidak dapat diedit secara individual begitu saja karena dalam keadaan ter- group. Untuk membuat sebuah graph paper tool, lakukan sebagaimana membuat rectangle biasa. Perhatikan property bar untuk graph paper tool. Sebelum membuat sebuah graph paper, tentukan dulu jumlah kolom dan baris yang anda butuhkan dan masukkan nilainya pada field yang tersedia. Setelah anda memasukkan nilai yang diinginkan,bentuklah sebuah graph paper dan hasilnya adalah graph paper dengan jumlah kolom dan baris sebaimana yang telah anda tentukan sebelumnya.

Setelah anda mengetahui karakteristik dari graph paper, timbul satu permasalahan. Kita telah mengetahui bahwa jika kita membuat suatu graph paper dengan metode drag sambil menahan [ctrl] maka hasilnya adalah graph paper dengan sisi- sisi yang sama panjang.
Graph Paper Tool di coreldraw
Namun apa yang terjadi dengan rectangle- rectangle penyusunnya? Apakah sama sisi juga? Jelas ini tergantung dari perbandingan kolom dan barisnya. Masalah akan timbul bila anda membutuhkan suatu graph paper dengan 6 kolom dan 4 baris, dan semua rectangle penyusunnya harus bujursangkar (sama sisi). Pemecahannya adalah,
  1. Carilah jumlah kolom/ baris terbesar. Dalam hal ini kolom, yaitu 6.
  2. Buatlah graph paper 6 kolom, 6 baris.
  3. Ungroup graph paper tersebut.
  4. Hapus rectangle- rectangle yang tidak dibutuhkan.
  5. Group kembali sisanya.
Jika berhasil, maka anda akan memperoleh bentuk seperti pada contoh.
Graph Paper Tool
Dalam Coreldraw, anda dituntut untuk banyak mencari jalan sendiri seperti yang baru saja anda lakukan. Contoh di atas tadi hanya merupakan contoh yang masih sangat sederhana.

Agar anda dapat lebih kreatif dalam membuat bentuk- bentuk yang sulit dicapai dengan cara biasa, mulai artikel berikut anda akan lebih mendalami pengetahuan teknis mengenai Coreldraw, khususnya mengenai karakteristik obyek- obyek non- primitive. Jika anda sudah melalui artikel ini, anda dapat dikatakan sudah sepenuhnya menguasai Coreldraw, dan dapat membuat bentuk serumit apapun juga. Di artikel selanjutnya kita  akan membahas sifat dari obyek- obyek dalam Coreldraw, khususnya dalam hal anatominya.
Rating: 4

No comments:

Post a Comment