Saturday, March 17, 2012

Segment dalam Coreldraw

Artikel  Segment dalam Coreldraw ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yaitu Istilah curve dalam Coreldraw Ada dua macam segment. Pertama adalah line. Line tidak dapat dilengkungkan dengan cara apapun.
 Fungsi Segment dalam Coreldraw
Jenis kedua adalah curve, yang sifatnya elastis, dan dapat dilengkungkan, baik satu arah maupun dua arah.
Fungsi Segment dalam Coreldraw
Aktifitas
  1. Dengan bezier tool, buatlah sebuah garis lurus dengan melakukandua kali click di tempat yang berbeda. Anda akan menghasilkan dua nodedan satu segment yang berjenis line. 
  2. Dengan shape tool atau [F10], cobalah untuk melengkungkansegment tersebut. Karena masih line, segment ini ternyata tidak dapat dilengkungkan.
  3. Masih dengan shape tool, klik kanan pada segment (harus akurat), dan dari menu yangmuncul, pilihlah ‘to curve’ untuk merubah jenis segment dari line menjadi curve. 
  4. Cobalah kembali melengkungkan segment seperti pada point #2. Kali ini anda dapatmelengkungkan segment yang sama karena sudah berjeniscurve. 
  5. Cobalah untuk membuat dua arah lengkungandalam satu segment seperti pada contoh.Fungsi Segment dalam Coreldraw
Kini anda sudah dapat membedakan jenis- jenis segment, khususnya pada contoh di artikel sebelumnya Istilah curve dalam Coreldraw. Segment D dan E sudah pasti merupkan segment curve. Namun kita tidak mungkin tahu jenis segment A, B, atau C karena meskipun lurus, segment- segment tersebut mungkin line, atau mungkin juga curve yang tidak dibengkokkan. Ingatlah bahwa segment curve yang baru anda buat belum melengkung sampai anda melengkungkannya secara manual. Baca Juga artikel selanjutnya yang membahas tentang Mengenal Fungsi Node di Coreldraw
Rating: 5

No comments:

Post a Comment