Sunday, March 18, 2012

Hirarki node dalam Coreldraw

Arti dari hirarki node ini minimal ada dua
Pertama adalah bahwa tiap segment memiliki satu pemilik. Cobalah untuk membuat garis lurus dengan bezier tool. Dapat anda perhatikan bahwa anda dapat merubah sifat segment (yang hanya satu itu) melalui klik kanan pada node ke dua. Hal yang sama tidak dapat anda lakukan dengan klik kanan pada node pertama karena pada dasarnya, segment nomor satu pada curve terbuka tidak memilki segment, atau dengan kata lain, segment tadi adalah milik dari node kedua. ( Baca : Fungsi Segment dalam Coreldraw )

Untuk mempermudah pengertian, mari kita anggap curve tiga node pada gambar merupakan rangkaian dari tiga orang, masing masing merah (node nomor satu), hijau, dan biru

Arti dari hirarki node dalam Coreldraw
Tampak bahwa orang merah (node #1) tidak memiliki tangan, sementara orang/ node yang lain memiliki tangan yang menjangkau orang/ node sebelumnya. Tangan ini kita anggap segment. Jadi jelaslah masing- masing segment sebenarnya milik node yang mana.

Untuk menjelaskan mengenai pengaruh yang kedua, ada baiknya kita bahas langsung melalui
sebuah Percobaan pengerjaan.
  1. Aktifkan freehand tool dari toolbox.
  2. Drag pada bidang gambar, membentuk huruf ‘s’, dimulai dari atas.
  3. Dalam keadaan terpilih, property bar akan menampilkan property untuk curve.
  4. Cari field untuk ‘ouline width’ dan ubah nilainya untuk mempertebal garis bila perlu. Sebaiknya mencapai ketebalan 1 mm atau lebih.
  5. Cari field untuk ‘start arrowhead’, dan pilihlah salah satu jenis arrowhead. Ujung curve dengan node nomor satu akan memiliki kepala panah.
  6. Akses curve dengan shape tool ([F10]), sehingga property bar menampilkan property untuk curve edit.
  7. Pada property bar tersebut, klik pada icon ‘reverse curve direction satu kali. Kini kepala panah berpindah ke ujung yang lain.
Hirarki node dalam Coreldraw
Hal ini terjadi karena start arrowhead selalu menempel pada node nomor satu, dan pada point 7 dari aktifitas tadi, anda merubah atau membalikkan urutan node sehingga node nomor satu menjadi node terakhir, dan sebaliknya.

Hal seperti ini juga menjelaskan mengapa pada contoh di awal bab perlu diberikan panah penunjuk arah, karena pada tiap curve, pasti ada satu arah yang jelas. Arah sangat penting khususnya pada saat kita membahas masalah special effects.
Rating: 5

No comments:

Post a Comment