Monday, March 19, 2012

Mengenal Fungsi Align dan Distribute

Align adalah mensejajarkan obyek- obyek yang terseleksi, sementara distribute berguna untuk menyeragamkan atau menyamakan jarak antar obyek.

Buatlah beberapa obyek yang berbeda ukuran dan bentuk, pilihlah seluruhnya.Align Distribute
Untuk mensejajarkan secara horizontal, ketik [C]. Tekan ([ctrl]+ [Z]) untuk membatalkan perintah tadi, kemudian cobalah perintah lainnya. Untuk mensejajarkan secara vertical, ketik [E]. Untuk sisi kiri [L], sisi kanan [R], sisi bawah [B], sisi atas [T]. Serupa dengan combine dan Boolean, hasil akhir tergantung dari posisi obyek paling bawah atau yang terakhir dipilih/ diseleksi.

Anda juga dapat melakukan aligning melalui tombol yang ada pada property bar. Ini akan membuka sebuah dialog box/ window dengan judul align.
Align dan Distribute
Melalui window ini anda dapat menentukan apaka align yang anda inginkan adalah terhadap bagian tengah page, sisi page. Perhatikan check- box yang ada. Bila keduanya tidak aktif, maka alignment obyek dilakukan terhadap satu sama lainnya. Perhatikan juga opsi align to grid. Aktifkan ini bila anda bekerja dengan grid, dan menginginkan semua operasi align dialihkan ke titik grid terdekat.

Sementara itu, fungsi distribute sangat berguna menyeragamkan jarak antar obyek. Misalnya anda memiliki beberapa Rectangle yang sudah sejajar secara vertical, tetapi jarak horizontal antara satu sama lainnya masih tidak seragam. Untuk menyeragamkannya, seleksi seluruhnya, tekan tombol align/ distribute yang ada pada property bar Multiple objects, pilih tab distribute, dan pilih horizontal center. Setelah menkan tombol ok, hasilnya akan memiliki jarak hotizontal yang seragam, dengan ujung paling kiri dan paling kanan sebagai penentu parameter/ batas maksimal.
Fungsi  Align dan Distribute
window/ dialog box Align dan Distribute
Fungsi  Align dan Distribute
Dalam window/ dialog box distribute, anda harus menentukan salah satu, apakah distribute dilakukan terhadap batas seleksi atau terhadap batas page.

Seperti align, mendisitribusikan right berarti menganggap sisi paling kanan dari obyek- obyek sebagai titik- titik pusat operasi, dalam hal ini operasi pendistribusian. Satu hal tambahan yang perlu anda ketahui adalah perbedaan antara perbedaan antara distribute center dan distribute spacing. Khususnya pada distribusian obyek- obyek yang berbeda bentuk dan ukuran, distribute center mengatur jarak titik pusat obyek tanpa jaminan kesamaan jarak antar obyek, sementara distribute spacing justru menjamin kesamaan jarak antar obyek tanpa pengaruh titik pusat obyek. Semoga Bermanfaat, Di artikel berikutnya Kita akan coba membahas tentang "Mengenal Fungsi Shaping tools" dalam coreldraw.
Rating: 4.5

No comments:

Post a Comment