Sunday, March 11, 2012

Membuat Rectangle Di Coreldraw

Buatlah sebuah Rectangle.
Memebuat Rectangle
Setelah itu, perhatikan apa yang tampak pada property bar.

Memebuat Rectangle
  • Standard Transforms
    Ini mencakup position (posisi), strech/ scale (skala), rotation (rotasi), dan mirror (pencerminan).

    Position;
    Setiap obyek pasti memiliki nilai x dan y sebagai position- nya. Ubahlah sesuai keinginan ke posisi yang baru. Perhatikan bahwa angka yang tertera merupakan posisi dari titik pusat obyek, apapun bentuk obyeknya. Pada contoh,
    Position
    tampak tiga obyek dengan bentuk berbeda- beda, dengan tanda X merah sebagai titik pusat masing- masing.

    Strech/ Scale;
    Semua obyek dalam Coreldraw dapat diubah strech/ scale- nya dengan mudah. Isilah field horizontal dan/ atau vertikal size (kiri) dengan ukuran yang diinginkan, lalu tekan [enter]. Bila yang diinginkan adalah merubah proporsi dalam satuan persen, isilah field di sebelahnya (semula horizontal maupun vertikal = 100%), dengan proporsi yang diinginkan. Jangan lupa tekan [enter].
    Strech Scale
    Perhatikan bahwa ada icon yang menyerupai gembok. Kegunaannya adalah untuk mengunci proporsi antara horizontal dan vertikal. Bila keadaannya terbuka, klik satu kali untuk menguncinya, dan sebaliknya. Dalam keadaan terkunci, bila anda merubah ukuran horizontal suatu obyek, baik secara numerik maupun persentase, ukuran vertikal obyek juga akan mengikuti perubahan tersebut sehingga bentuknya dasarnya tidak berubah.

    Rotation.
    Untuk rotasi sederhana, yaitu rotasi terhadap titik pusat obyek, dapat dilakukan dengan memasukkan nilai rotasi yang diinginkan kedalam field ini.
    Rotation
    Perhatikan bahwa nilai rotasi positif dianggap melawan arah jarum jam. Bila yang diinginkan adalah sebaliknya, isilah dengan angka negatif.

    Mirror.
    Melakukan mirroring adalah merubah orientasi obyek menjadi pencerminannya. Orientasi dapat diubah secara horizontal atau vertikal. Tekan satu kali untuk melakukan masing- masing operasi mirroring. Perhatikan bahwa operasi ini dilakukan terhadap titik pusat obyek sebagai sumbu.
    Mirror
Dalam  Artikel selanjutnya kita akan Bahas Tentang Membuat Transformasi secara interaktif
Rating: 5

No comments:

Post a Comment