Saturday, March 24, 2012

Paragraph text dan object curve tertutup

 Paragraph text dan object curve tertutup
  • Dengan mengaktifkan wrap paragraph text, khususnya dengan mode contour straddle text, pada object yang overlap dengan paragraph text, anda dapat membuat character paragraph text menghindari overlap tersebut. Sebagai contoh,
    ellipse
    pada alinea ini ditempatkan sebuah ellipse yang seharusnya menutupi text. Karena fungsi wrap paragraph text ellipse tersebut diaktifkan.
  • Untuk memberi text di dalam sebuah curve tertutup, ketiklah dulu dalam frame paragraph text seperti biasa, lalu drag text frame dengan tombol kanan mouse menuju sebuah curve tertutup, dan dari menu yang muncul, pilih place text inside.
    Paragraph text dan object curve tertutup
    Bila overflow tidak dapat ditolerir, anda dapat mengakses menu text> fit text to frame agar font diperkecil (atau diperbesar) hingga tepat memenuhi frame. 
    Anda juga dapat mengetik langsung dalam sebuah curve tertutup. Dengan pick tool,pilihlah curve yang dimaksud.
    Paragraph text dan object curve tertutup
    Kemudian dalam keadaan tersebut, aksesklah salah satusegment dengan text tool ([F8]), dan tempatkan cursor di atas segment- nya, tepatnya agakke dalam, sehingga cursor berbentuk seperti pada gambar. Bila demikian, anda dapat mengclick,dan langsung mengetik pada curve tadi. 
  • Untu memasukkan gambar ke dalam text, buatlah gambar yang diinginkan seperti biasa, lalu drag dengan tombol kanan mousemenuju paragraph text. Pilih posisi dimana anda menginginkan gambar tersebut masuk. Lepas tombol kanan mouse. Dari menu yang muncul, pilih move into text atau copy into text bila anda ingin mempertahankan aslinya.
    font symbol
    Gambar akan dianggap sebagai text dan dapat anda perlakukan seperti text biasa. Teknik ini dapat anda gunakan sebagai pengganti font symbol atau bullets.
- ( Baca Juga :  Artistic text dengan object atau curve )
Rating: 4

No comments:

Post a Comment