Friday, March 16, 2012

Fungsi Spiral Tool di coreldraw

Spiral tool, sebagaimana namanya, berfungsi untuk membuat bentuk spiral. Bentuk spiral yang dimaksud terbatas pada spiral dengan nilai/ jumlah perputaran/ revolusi berupa bilangan bulat antara 1 hingga 100.
Cobalah membuat satu spiral dengan spiral
tool. Perhatikan bahwa:
  1.  Arah revolusi selalu melawan arah jarum jam (ccw). Jika anda menginginkan arah putaran sebaliknya, anda dapat memberikan transformasi mirror pada spiral tersebut.
  2. Tidak seperti pada polygon, anda harus memasukkan nilai untuk field jumlah revolusinya dulu, baru kemudian membuat obyeknya. Setelah obyek dibuat, nilai jumlah revolusinya tidak dapat diubah lagi.
  3. Tiap spiral memiliki satu control point pada pusat spiral, ditambah masing- masing 4 cp tambahan untuk tiap revolusi yang ada. Semua control point ini dapat dipindahkan secara independen sesuai kebutuhan. Bila cp tidak ditampilkan, akseslah dengan menggunakan shape tool atau [F10].
  4. Ada dua macam spiral; symmetrical dan logarithmic. Perbedaan antara spiral symmetrical dan logarithmic terletak pada jarak antara busur yang satuterhadap busur sebelumnya atau selanjutnya, pada jari jari yang sama.Untuk menyederhanakan masalah, kita anggap semua spiral yang dibuat selanjutnya bersifatsimetris dua sumbu, dengan kata lain, pada waktu pembuatannya disertai [ctrl]. Dengan demikian, penjelasan mengenai perbedaan spiral symmetrical dan logarithmic dapatdijelaskan melalui contoh.
    Spiral Tool di coreldraw
    Tampak bahwa pada spiral logarithmic, radius putaran semakin ke luar semakin besar, dan jarakantara titik- titik yang terletak pada satu jari- jari, berlipat ganda sesuai nilai yang diberikan padanilai sprial expansion factor (property bar spiral), yang padacontoh, diambil nilai 100 (untuk 100%).
Perlu juga anda perhatikan bahwa spiral merupakan bentuk yang terbuka. Ini berarti spiral tidakdapat diisi dengan color fill. Namun karena spiral masih memiliki outline, outline tersebut dapatdiberi warna dengan meng- click kiri salah satu warna di color pallette. Semoga Bermanfaat dan untuk artikel selanjutnya kita akan bahas mengenai Fungsi dari Graph Paper Tool di coreldraw
Rating: 4

No comments:

Post a Comment